Minat investasi Properti Rumah dan Apartemen di Indonesia telah mencapai titik puncak!

Orang asing mulai incar pasar properti di Indonesia

Suatu fakta yang tak terduga baru-baru ini telah dinyatakan. Di tengah-tengah Berita melambat ekonomi nasional, aliran investasi adalah masih tergesa-gesa dalam cepat. Seperti yang dilaporkan oleh Surat Kabar keuangan terkemuka dari Inggris, The Economist, pada tahun 2015, Indonesia ditempatkan pada nomor dua sebagai tujuan investasi atas dunia setelah Cina.

Data yang dirilis oleh BKPM menunjukkan bahwa realisasi investasi asing (PMA) dan investasi dalam negeri (PMDN) di semester pertama tahun 2015 telah meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Jumlah karyawan diserap ini juga cukup signifikan, sekitar 685.000.

Apa itu BKPM’s strategi untuk meningkatkan realisasi investasi? Berikut ini adalah kutipan dari sebuah wawancara eksklusif dengan kepala BKPM Franky Sibarani:

Bagaimana adalah realisasi investasi Properti hingga Juni 2015? Bagaimana target masa depan?

Realisasi investasi (baik asing dan domestik) seperti jual rumah, beli apartemen, tanah dijual selama paruh pertama tahun 2015 sudah naik oleh 16,6 persen (dibandingkan dengan paruh pertama tahun 2014) sebesar Rp 259.7 triliun (US$ 19,3 miliar). Dihitung dari kuartal pertama tahun 2015 realisasi investasi telah meningkat sebesar 8,4 persen. Tahun ini target untuk realisasi investasi adalah 519 triliun, naik sekitar 14 persen dari angka tahun 2014. Itulah target dan kami masih optimis dapat dicapai.

Untuk memacu investasi kami memiliki kantor perwakilan di delapan kota atau negara, yaitu Singapura, Taiwan, Jepang, Sydney, Abu Dhabi, London dan New York dan kami juga mengatur untuk membuka satu di Cina.

Bagaimana investasi properti dalam negeri?

Dalam negeri BKPM memiliki petugas pemasaran yang mengurus calon investor dan membantu mereka untuk melakukan penelitian atau menyediakan undangan ke Indonesia. Sebagai contoh, seorang investor industri perkapalan dibawa ke Lampung atau Lamongan. Dalam industri percetakan, misalnya, seorang investor dari Jepang adalah dibawa ke Surabaya untuk Lihatlah plot. Itulah apa yang petugas pemasaran adalah untuk.

Sampai hari ini, bagaimana adalah kepentingan dalam investasi di sini?

Jumlah total minat investasi telah mencapai US$ 151 milyar, setara dengan sekitar Rp 2.000 triliun. Sosok terus naik. Kita bisa mendapatkan US$ 400 juta hanya dari satu negara atau investor dan kami akan menjaga itu. Yang menarik adalah dari jumlah ini menarik dalam investasi kita akan berpotensi menarik posisi pekerjaan baru 14 juta.

Apakah BKPM rekomendasikan sektor tertentu kepada investor?

BKPM’s saat ini fokusnya adalah pada lima sektor. Pertama adalah infrastruktur, seperti listrik dan laut pelabuhan. Kedua adalah bertani termasuk peternakan, perkebunan dan industri yang berhubungan dengan makanan. Ketiga, sektor kelautan, termasuk galangan kapal dan industri perikanan. Empat adalah sektor industri sementara nomor lima pariwisata dan area.

Sektor industri dibagi menjadi empat kategori.

Pertama adalah jenis yang menggunakan tenaga kerja dalam jumlah besar. Mengapa? Karena jelas ini menyerap banyak karyawan. Administrasi Jokowi-JK sejalan dengan sembilan tujuan (Nawacita) ingin menciptakan kesempatan kerja dua juta per tahun. Jadi, jika misalnya pertumbuhan ekonomi adalah sekitar lima persen, itu berarti bahwa 400.000 pekerja harus diserap untuk setiap satu persen dari pertumbuhan ekonomi.

Kedua adalah industri yang berorientasi ekspor. Sebenarnya, banyak usaha mampu diekspor, seperti Sepatu, tekstil dan pakaian. Ketiga adalah memproduksi bahan baku industri atau barang modal untuk menggantikan impor yang dan dengan demikian menghemat Valuta Asing. Kategori keempat adalah industri hilir.

Mengapa BKPM bertujuan hanya di lima negara?

Itu tidak berarti bahwa kita melakukan tidak target calon investor di luar Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Cina, hanya bahwa tren pertumbuhan negara-negara tersebut saat ini baik. Kami juga membayar perhatian ke negara lain.

Saya telah bertemu tiga investor dari Taiwan. Dua dari mereka akan memasuki industri barang-barang konsumen sementara satu komponen. Mereka mengatakan Indonesia merupakan lokasi strategis untuk basis produksi mereka. Mereka menyadari bahwa lebih dari 40 persen dari populasi ASEAN tinggal di Indonesia. Dan, ekonomi 36 persen di Indonesia. Begitu mereka melihat Indonesia sebagai pintu gerbang ke pasar ASEAN.

Apa itu Presiden Jokowi pesan khusus untuk meningkatkan investasi langsung?

Ada tiga pedoman dari Presiden sebelum saya ditunjuk. Pertama adalah penyederhanaan proses izin. Ketika aku adalah bagian dari dunia usaha, aku adalah korban dari proses rumit izin di Indonesia, termasuk peraturan yang tumpang tindih dan banyak faktor lainnya. Kedua, Presiden ditetapkan saya untuk memecahkan masalah-masalah investasi. Oleh karena itu, kami memiliki program de bottlenecking